/** Kotak Iklan **/ .kotak_iklan {text-align: center;} .kotak_iklan img {margin: 0px 5px 5px 0px;padding: 5px;text-align: center;border: 1px solid #ddd;} .kotak_iklan img:hover {border: 1px solid #333}

Kamis, 04 Oktober 2012

KP3 Ekowisata Kepengurusan Sebelumnya


Rabu (14 Mei) ada materi ruang "Pengenalan Ekowisata" oleh Bpk. Mukhlison.



KP3 EKOWISATA JALAN-JALAN KE DIENG :D

Bukan cuma jalan-jalan biasa kalau anak KP3 Ekowisata berkunjung ke suatu lokasi. Bulan Oktober tahun 2013 kemarin kami berkesempatan untuk mengunjungi situs wisata alam Pegunungan Dieng. Beberapa pengamatan dari aspek kepariwisataan alam kami telisik lebih jauh untuk mengungkap potensi ekowisata secara langsung.


Aksesibilitas

Seperti jalan pegunungan lain, akses menuju ke Dieng sudah bagus karena telah terdapat jalan aspal 2 arah. Dengan transportasi berupa motor, maka waktu tempuh mencapai 4 jam dari Yogyakarta melalui jalur Wonosobo. Jalan menanjak berliku mengharuskan para pengunjung selalu waspada. Diperlukan persiapan lebih untuk bahan bakar karena tidak ada SPBU. Tidak adanya transportasi umum menjadikan potensi ekonomi tersendiri bagi masyarakat sekitar untuk membuka usaha persewaan mobil 4 WD dan tour guide. Perjalanan menuju lokasi wisata sudah terdapat penunjuk jalan namun masih kurang lengkap sehingga pengunjung sebaiknya bertanya ke penduduk sekitar.

Amenitas

Kelengkapan fasilitas penginapan di tempat tersebut sudah bagus dengan pilihan jenis yang beragam dan harga terjangkau. Penginapan berupa motel, losmen, dan villa dapat disewa perhari mulai harga Rp 50.000,00. Di setiap lokasi wisata telah terdapat area parkir yang luas, mushola, WC/KM, warung makan, dan tempat oleh-oleh khas berupa manisan carica.

Atraksi

Beberapa atraksi alam yang dapat dinikmati adalah keindahan sunrise dari Gunung Sikunir beserta view hutan pegunungan dan pertanian yang asri. Selain itu, dapat juga ditemukan pesona eksotis kaldera berupa Kawah Dieng dan goa bawah tanah. Bagi yang suka bermain air, beberapa telaga dan air terjun menawarkan kesegaran alami yang dapat dijadikan lokasi pemancingan. Situs hasil kebudayaan manusia berupa candi kuno dapat ditemukan, ada pula PLTU yang dapat menjadi lokasi pendidikan dan penelitian. Setiap pengunjung sebaiknya mempersiapkan jaket tebal dan masker karena udaranya yang dingin.

Indahnya panorama sunrise di Pegunungan Dieng mampu menghapus semua lelah kami :D
Posting Komentar